By : Khaerul Soleh (MT. Al Kahfi)

Assalamualaikum warahmatullah wa barakatuh,


     Bagaimana kabar?.
      Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas salah satu game yang sedang ngebuming saat ini, yaitu game pokemon GO. Permainan ini adalah sebuah game yang diangkat dari animasi pokemon yang diperan utamakan oleh pikacu. Bagaimana tidak, permaianan ini sangat menantang para player nya, sampai harus berburu ke jalan – jalan , taman, dan lingkungan sekitarnya, karena konsep dari game ini adalah mencari monster ataupun lawan tarungnya. Terlihat memang asyik dan sangat menghibur ,akan tetapi ternyata game ini sangat berdanfak negative terhadap penikmat nya. Mungkin ana disini bukan menjadi orang yang sok tau dan sok lainnya , tapi memang seperti itulah kenyataanya. Mungkin ada dari antum yan tidak sepakat dengan apa yang ana tulis ini, ada yang menggap ana kontra karena tidak memainkan game ini dan lain sebagainya. Bukan itu yang ana maksudkan ikhwah, tapi tidak lain ana lakukan semua ini dalam rangka watawa saubil hak watawa saubissobr yakni saling menasehati dalam kebaikan dan saling menasehati dalam kesabaran. Bagaimanapun ana disini tidak memaksa antum untuk mengikuti apa yang ana sampaikan, akan tetapi ana persilahkan untuk sama – sama kita berfikir terbuka dalam masalah yang mungkin sebagian orang menganggap ini sebagai permasalahan yang sepele. Adapun versi yang ana sampaikan mengenai dampak negative dari permainan pokemon GO ini adalah : 
     Dampak negative pertama yang ditimbulkan dari game ini adalah terbuangnya waktu yang tak bermanfaat, karena game ini bersifat membawa kecanduan. Saking asyiknya para player, waktu yang mestinya produktif untuk ibadah, belajar , membantu dan berinteraksi dengan sesama akhirnya terlewatkan, selain itu juga pekerjaan dan tugas yang seharusnya dikerjakan tepat waktu akhirnya terlalaikan akibat keasyikan bermain pokemon GO. Dampak negative yang kedua adalah mubazirnya harta yang dimiliki player. Harta yang semestinya diinfakkan, disedekahkan, dizakatkan, dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lainnya akhirnya habis untuk pembelian paket internet. Karena memang sifat dari game ini adalah harus tetap terkoneksi dengan internet, tentunya jikalau player ingin tetap terkoneksi dengan internet harus tetap punya kuota, atau paling tidak memiliki wifi disekitar, itupun kita harus punya dana untuk pengadaan atau pembelian wifi, tau sendiri kan wdidunia ini tidak ada yang gratisan, kecuali nikmat Allah berupa oksigen diudara, air , ataupun tanah yang kita injak. Akhirnya berbondong – bondonglah para player untuk menghabiskan duitnya untuk memainkan game ini. Dampak yang ketiga adalah rawannya terjadi kecelakaan pada diri player sendiri, hal ini disebabkan karena permainan ini dilakukan dijalan – jalan oleh sebagian player, meskipun banyak dari mereka yang berdalih permainan dilakukan ditaman tapi lihatlah berita – berita saat ini, dikabarkan ada yang sampai jatuh ke selokan , tertabrak mobil dan lain sebagainya. Dan danpak terakhir yang ditimbulkan dari game ini adalah bocornya rahasia – rahasia Negara , karena tidak hanya masyarakat awam saja yang memainkan game ini tapi juga para polisi , tentara, aparatur Negara, pejabat pemerintahan, dan lain sebagainya. Karena konsep dari game ini sendiri adalah pemanfaatan aplikasi geoweb seperti google earth dan google maps.
      Ikhwah fillah pikir – pikir ulang jika antum semua ingin memainkan game ini, coba lihatlah waktu kita hidup didunia ini hanyalah sementara bahkan di dalam Al – Qur’an Allah ‘azza wajalla mengatakan kita hidup di dunia ini hanya sekejap mata, lantas mengapa kita harus membuang waktu kita berlalu begitu saja untuk hal yang sia – sia,kenapa tidak kita gunakan waktu ini untuk senantiasa beribadah kepada Allah swt supaya kelak diakhirat kita tidak mengatakan “aduhai betapa celakanya diriku, seandainya Allah mengembalikan ku kedunia niscaya akan aku perbanyak amal soleh dan kebajikan”. Ketika kita berada didalam kubur, malaikat tidak akan bertanya seberapa banyak pokemon yang kita dapatkan, tapi kita akan ditanya malan baik apakah yang pernah kita lakukan. Agar semua tidak berbuntu pokemon, mari kita sadar diri apa tujuan hidup kita, untuk apa hidup kita dan mari benahi diri kita mulai detik ini supaya kita tidak menjadi orang – orang yang merugi. 

Nah bagaimana ikhwah semoga tulisan diatas sedikit tidak mengingatkan kita dan menyadarkan kita betapa berharganya waktu dan harta yang kita miliki saat ini, semoga tidak berbuntu pokemon ya,
 
Top